Harga Cabai Meningkat

>> Senin, 19 Januari 2009

Harga cabai merah melambung dalam seminggu terakhir. Hal ini diakibatkan minimnya pasokan cabai dari sejumlah petani di Aceh Utara, Lhokseumawe dan Aceh Tengah.

Saat ini, harga cabai merah mencapai Rp40 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp20 ribu per kilogram. Sedangkan cabai hijau naik menjadi Rp25 ribu dari sebelumnya Rp18 ribu per kilogram.

“Sudah harga mahal, kualitas cabainya rendah. Banyak yang busuk,” kata Rosniati, pedagang di Pasar Inpres Lhokseumawe, Senin (29/12). Dia menyebutkan, saat ini semua pasokan cabai kualitasnya rendah. Jika agak bagus, maka harganya mencapai Rp55 ribu per kilogram.

Sementara itu, untuk cabai rawit harganya mencapai Rp26 per kilogram dari sebelumnya hanya Rp 21.500 per kilogram. Rosni menyebutkan, kualitas cabai yang rendah mengakibatkan para pedagang sulit melakukan penjualan. Umumnya, pembeli hanya membeli cabai dalam partai kecil.

Kelangkaan cabai di Aceh Utara diduga karena sejumlah areal pertanian cabai di kabupaten itu terendam banjir besar beberapa waktu lalu. “Mungkin dalam dua minggu ke depan akan normal kembali. Itu pun kalau ada pasokan dari Bener Meriah dan Aceh Tengah,” terang Rosni. (hi)

http://aceh-economic-review.com/nanggroe/harga-cabai-meningkat

0 komentar:

peternakan coy

peternakan coy
susu

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP