Penjualan Komputer Asia Terendah dalam Sepuluh Tahun

>> Senin, 19 Januari 2009

Singapura (AER) - Penjualan komputer di kawasan Asia Pasifik diluar Jepang jatuh untuk pertamakalinya dalam satu dekade ini di sepanjang kuartal empat 2008 akibat melesunya perekonomian global yang telah memukul belanja konsumen, demikian hasil sebuah studi dari IDC, Senin.

Gambaran awal menunjukkan 17,2 juta komputer dan laptop terjual di akhir kuartal empat Desember lalu, atau turun 14 persen dibanding kuartal sebelumnya dan lima persen dibanding setahun lalu.

Gambaran ini juga menunjukkan penurunan tahunan pertama sejak kuartal ketiga tahun 1998 manakala kawasan ini harus bergulat dengan krisis keuangan Asia, tambah laporan IDC itu.

"Kuartal ini benar-benar turun drastis, bukan hanya di China tapi juga India," kata Bryan Ma, direktur regional urusan riset sistem personal pada IDC.

"Kabut semakin gelap pada 2009, meskipun mungkin masih ada beberapa kantung pasar di sektor publik di kawasan itu."

Selama 2008, raksasa komputer China yang sedang berjuang keras Lenovo adalah vendor nomor satu di Asia dengan pangsa pasar 18,3 persen, disusul rivalnya dari AS Hewlett Packard dengan pangsa 14,1 persen dan Dell yang mengambil pangsa pasar 9,1 persen, demikian IDC.

Perusahaan komputer Taiwan Acer menduduki pringkat empat dengan menguasai 7,5 persen pangsa pasar dan produsen China Founder di urutan kelima dengan 4,0 persen. (afp/lz)


http://aceh-economic-review.com/internasional/penjualan-komputer-asia-terendah-dalam-sepuluh-tahun

0 komentar:

peternakan coy

peternakan coy
susu

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP