Kinerja Ekonomi Aceh Peringkat Dua Terbaik

>> Selasa, 06 Januari 2009

Aceh dinobatkan sebagai provinsi dengan kinerja ekonomi terbaik kedua setelah Provinsi Kepulauan Riau. Prestasi ini, sebut Kepala Badan Investasi dan Promosi NAD, Ir. Anwar Muhammad, berdasarkan penilaian Tim Juri Investment Award 2008 yang diketuai pakar Ketenagakerjaan Indonesia, Prof. Dr. H. Bomer Pasaribu, dengan ekonom bisnis Indonesia, Rofikah Rokhmin, Ph.D.

"Variabel penilaiannya adalah investasi yang masuk, pertumbuhan ekonomi, ekspor impor, kesejahteraan, daya beli masyarakat dan tingkat kemahalan investasi," jelas Anwar.

Dikatakan, pertumbuhan ekonomi Provinsi Aceh sebesar 7,46 persen pada 2007 serta iklim investasi yang mulai membaik, telah membawa Aceh pada posisi ini. Kinerja ekonomi ini, kata dia, belum memuaskan. Tapi telah mampu memberi angin segar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia secara nasional.

"Pemerintah Aceh akan terus meningkatkan kinerja ekonomi daerah dengan menggalakkan investasi, memperbaiki dan menyediakan infrastruktur, serta melengkapi peralatan penunjang lainnya," sebutnya.

Beberapa infrastruktur yang sudah coba diwujudkan, terutama demi mendukung kegiatan ekspor Aceh. Dikatakan, saat ini ada dua pelabuhan yang diharapkan menjadi pelabuhan ekspor SDA Aceh. yakni, Pelabuhan Krueng Geukuh, Aceh Utara dan Pelabuhan Malahayati, Aceh Besar. Meski dua pelabuhan tersebut sudah dinyatakan siap dan infrastruktur seperti gudang dan alat pengangkut sudah ada, tetapi para pengusaha masih enggan ambil bagian. "Memang masih banyak hal yang perlu dibenahi. Aceh belum punya badan sertifikasi produk. ke depan kita akan usahakan hal ini sehingga memudahkan pengusaha kita," katanya.

0 komentar:

peternakan coy

peternakan coy
susu

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP